Membuat Bootable USB Flash Drive untuk Windows dan Linux

–[ intro ]–
sebelum masuk pada pokok pembahasan aku ingin bercerita terlebih dahulu. Begini ceritanya… Laptopku ACER 4520 barusan ku perbaiki karena DVD-nya tidak bisa baca(selama hampir sebulan aku kesepian hik..😦 ). Tapi pada saat aku coba install ulang windowsnya ternyata DVD-nya tidak bisa baca CD sama sekali, dia hanya bisa membac DVD saja. Maka aku punya akal, “aku harus membuat windows installer DVD”. Aku coba copy dari CD ke DVD tapi si Nero keukeuh gak mau. Akhirnya aku bingung hingga aku bertemu dengan Mas alif. Kebetulan DVD di komputernya dia juga cuma bisa baca DVD saja. Dia meminjamkan aku XP Black. Katanya seh bagus, ya udah aku pinjem dan mulai beraksi.

Tahap instalasi pertama berhasil, tapi anehnya installasi tahap kedua mesti Laptopku mati sendiri. Sial bener, aku gak bisa masuk Windows dan Grub Ubuntu juga ketimpa. Aku gak bisa ngapa-ngapain sekarang😦. Aku kecewa (ma capa ya??) tapi gak nyerah sampai di sini. Aku pikir aku harus nyoba sesuatu yang baru, aku harus nyoba nginstal Windows dari USB Flash. Yup.. aku tanya pamanku tercinta, paman Google. Aku dapat link bagus sekali dan langkah-langkah nanti yang akan aku uraikan hampir dari link ini semua.

–[ preparation ]–

1. Sediakan 2 buah Flash Disk berkapasitas masing-masing minimal 1GB, masing-masing untuk windows dan linux.

2. Sediakan beberapa sotware seperti di bawah ini:

a. Buat bootable Win XP

· PeToUSB

· usb_prep8

· bootsect

· master Windows XP (kalo ada yang original :P)

b. Buat bootable Ubuntu

· UNetbootin

· Iso ubuntu 8.10

3. Siapin komputer/ Laptop/EEE Pc yang mao diinstall

4. Komputer lain yang masih sehat wal afiat

5. Siapin Kopi panas, palagi kalo good Day😀

Membuat Bootable Windows USB Flash

1. Hidupkan dulu komputer lain yang masih sehat. Lalu kopikan PeToUSB, usb_prep8 dan bootsect ke dalam suatu folder tertentu.

2. Colokin Flash disk yang akan dijadikan sebagai bootable Windows XP ke dalam komputer tsb. Aku sarankan untuk membackup data terlebih dahulu. atau jika ada USB yang lain yang masih konek, cabut dulu. Penulis mengalamai kehilangan data gara-gara salah memformat L

3. Ekstrak file-file yang barusan dikopikan tadi dengan menggunakan winrar, winzip atau yang sebangsanya.

4. kopikan PeToUSB.exe yang ada dalam direktori PeToUSB ke direktori usb_prep8

5. jalankan(double klik) file usb_prep8.cmd yang ada dalam direktori usb_prep8, maka akan muncul seperti pada gambar berikut:

6. Pilih alamat USB yang akan dijadikan bootable lalu klik tombol start

7. Watch out.. sampai di sini jangan dulu diklose jendela apapun, kecuali jendela kamar loe. Pilih menu start | Run | ketikan cmd

8. Setelah jendela cmd muncul, kita pindah ke direktori dimana bootsect disimpan. Misal jika folder bootsect di simpan di drive d, maka ketikan perintah berikut, cd d:\bootsect lalu tekan enter

9. Ketikan perintah berikut bootsect /nt5 <nama drive>. Jika flash yang akan diformat adalah I maka perintahnya sebagai berikut: bootsect /nt5 i. Tekan enter.

10. Jika muncul pesan success… maka tutup jendela cmd.

11. Tutup jendela peTuUSB maka jendela cmd yang ada akan berubah seperti dalam gambar di bawah ini. Masukkan angka 1 dan tekan enter kemudian pilih lokasi CD installer Windows XP

gambar6.bmp

12. Selanjutnya ketikan 2 untuk menentukan virtual drive. Kemudian isi dengan karakter yang tidak terpakai dalam drive. Misalnya T.

gambar7.bmp

13. Langkah selanjutnya adalah menentukan USB yang akan dijadikan sebagai bootable. Masukkan angka 3 kemudian isi dengan drive USB. Misalnya g

gambar8.bmp

14. Masukkan angka 4 dan tekan enter. Langkah ini adalah untuk mengkopikan file dari cd ke dalam virtual drive.

gambar9.bmp

15. Langkah berikutnya adalah menyalin file yang ada dalam virtual drive ke dalam flash disk. Masukkan angka 5 dan tekan enter. Proses ini memakan waktu sekitar 15 menit, tergantung spek computer yang dipakai. Pada kotak dialog yang muncul pilih saja tombol Yes. Sampai di sini Kita bisa bersantai sambil menikmati kopi hangat J

gambar10.bmp

16. Jika proses pengkopian file dari virtual drive ke Flashdisk telah selesai maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah. Pilih saja tombol Yes.

gambar11.bmp

17. Selanjutnya akan muncul pesan seperti berikut

gambar12.bmp

18. Pesan ini untuk memastikan apakah kita akan menghapus virtual drive atau tidak. Pilih saja tombol Yes.

Yap, bootable USB Flash Windows sudah selesai dibuat. Untuk mencobanya tinggal restart computer dan seting BIOS agar first bootnya adalah USB.

Membuat Bootable Ubuntu USB Flash

Untuk membuat bootable Ubuntu USB Flash lebih mudah, hanya dalam beberapa tahap saja seperti berikut ini:

1. Pastikan komputer masih dalam keadaan menyala.

2. Kopikan Unetbootin dan iso ubuntu ke dalam direktori tertentu dalam computer

3. Jalankan Unetbootin maka akan muncul jendela seperti pada gambar berikut:

4. Pilih pilihan diskimage dan cari lokasi dimana letak iso ubuntu. Biasanya Unetbootin secara otomatis mengenali drive dari Flash disk.

5. Klik tombol OK dan tunggulah beberapa menit hingga selesai.

6. Untuk menjalankannya, restart komputer dan atur BIOS agar first bootnya USB. Have Fun

download doc

Tinggalkan Balasan

