Hakikat Masalah

“Pada hakekatnya setiap masalah itu adalah mudah. Pikiran kitalah yang menyebabkannya terasa susah”.
(E12)

Beberapa hari ini aku benar-benar tidak bisa mengontrol diri. Segala aktifitas yang biasa kulakukan kini terabaikan. Semuanya tersedot ke dalam kesibukan yang melalaikan, “Ngerjain KP”. Aku merasa dikejar waktu. Dalam pikiranku, aku harus menyelesaikan KP-ku sebelum Januari. Maka aku abaikan semuanya, termasuk tanggung jawabku terhadap diri dan kehidupanku, lingkungan sekitar dan tanggung jawabku terhadap Allah, bahkan waktu bermainku null.

Sore itu aku tunaikan Shalat Ashar di masjid Al-Munir. Usai shalat tiba-tiba saja aku merasakan bahwa diriku sangat hampa, diriku adalah seorang yang kelaparan dan kehilangan arah. Diriku telah kehilangan citra diri dan cita-cita hidup yang selama ini kuimpikan. Tidak… aku tidak ingin keadaan ini terus berlanjut. Maka saat itu juga aku menyesali apa yang kulakukan selama ini. Aku coba koreksi diri dan coba renungi masalahku lebih dalam. Aku dapat simpulkan bahwa, Pada hakekatnya setiap masalah itu adalah mudah. Pikiran kitalah yang menyebabkan dia terasa sulit. Ya.. aku pikir, KP adalah pekerjaan yang sulit dan perlu banyak menguras waktu, maka saat itulah pikiran membuatnya jadi kenyataan. KP-ku terasa sulit. Tapi ketika aku menyadari akan hal ini, semua terasa ringan J. Jadi Semua berawal dari pikiran, apa yang kita pikirkan maka akan jadi kenyataan. Bahkan dalam buku yang pernah aku baca, uang 1000 dolar sama mudahnya dengan 1 dolar untuk kita dapatkan jika kita pikir bahwa kita pasti bisa mendapatkannya dengan mudah. Bagaimana menurut Anda?

8 Komentar »

  1. x177a17 Said:

    nice posting guy

  2. hero Said:

    bohong….

  3. vanz3ra Said:

    munngkin, mencoba untuk bermuhasabah terharap diri sendiri dirasa perlu untuk mengikat makna hidup kita.

    sesekali atau bahkan seringkali.^_^

  4. annn Said:

    semangat terus mas…!

    • e12x Said:

      maksih Akh Andy Kita saling menyemangati n saling menasehati ajah.

  5. seven Said:

    Subahanallah, Ed dah tambah pinter ja sich…. bagi2 ilmu nya yach…

    • e12x Said:

      siapa dulu dong kakanya :”>😀🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

